SLIDE1

BERUBAH UNTUK MERUBAH DUNIA


Banyak orang bercita-cita merubah dunia, tapi sayangnya tidak semua cita-citanya tercapai, mungkin satu tulisan yang ada di satu batu nisan tua di satu kuburan di daerah Catenbury London akan menginspirasi kita semua.



“Saat aku masih belia, aku memiliki cita-cita kelak akan mengubah dunia! Doaku,”Tuhan pakailah aku untuk merubah dunia” Tapi aku menemukan bahwa mengubah dunia ternyata sangat sulit. Aku rubah doaku “Tuhan pakailah aku untuk mengubah bangsaku”. Usiaku semakin bertambah, dan aku menemukan bahwa mengubah bangsa pun begitu sulit, sehingga aku berdoa,”Tuhan pakai aku untuk mengubah kotaku”. Ternyata itu pun juga sulit, sehingga aku berdoa,”Tuhan cukuplah  jika aku bisa mengubah nasib keluargaku saja”. Kini aku sudah tua. Sebagai laki-laki tua, aku akhirnya menyadari bahwa satu-satunya hal yang bisa aku ubah adalah diriku sendiri. Seandainya diriku berubah, tentunya keluargakupun akan melihat, dan saya yakin ini bis menginspirasi mereka untuk bisa berubah, dan siapa tahu akhirnya orang-orang dikotakupun bisa berubah”

Foto diatas bukan foto di London, tapi foto didaerah Cihuni Tangerang yang saya potret di tahun 2009