SLIDE1

KEMARAHAN




Ada banyak cara untuk memotivasi seseorang atau sekelompok orang dan salah satunya adalah melalui KEMARAHAN. Menarik bukan, banyak dari kita tidak tahu, bahwa marah dapat membangkitkan kesatuan ataupun semangat untuk bertanding, bekerja ataupun bertempur.
Marah adalah emosi yang digunakan oleh pembicara-pembicara untuk memukau pendengarnya. Marah seorang jenderal digunakan untuk membangkitkan semangat juang seluruh tentaranya. Marah seorang manajer, menegaskan kembali standar keunggulan mutu satu perusahaan.
Pada suatu acara wisuda di satu sekolah militer di Inggris, Winston Churchill menyampaikan pidato sambutannya, dengan suara dan emosi yang tinggi, dia katakan, ”Never…never…never…never and never give up” hanya itu pidatonya. Sepertinya Winston Churchill marah pada keadaan dimana Inggris sedang terpuruk… pidato itu akhirnya membangkitkan semangat juang Inggris.
Memang perlu diakui KEMARAHAN bila digunakan dalam suasana yang tidak tepat, bisa mengundang perpecahan dan kekecewaan bagi orang yang menjadi korban.
Dari banyak penelitian didapatkan kesimpulan, kemampuan mengelola marah dengan baik, berbanding lurus dengan kedewasaan seseorang.
Jadi MARAH yang berdampak baik itu, harus lahir dari pribadi yang dewasa, yang mampu mengendalikan emosinya, sehingga dapat membangkitkan emosi positip dan semangat juang yang tinggi. Aneh tapi nyata.

Bersama dengan saya Andreas Nawawi.



ARTIKEL INI MERUPAKAN TULISAN DARI APA YANG DISAMPAIKAN PADA ACARA “MOMEN INSPIRASI” RADIO PELITA KASIH.