SLIDE1

CINCIN ANTI STRESS



CINCIN ANTI STRESS


Adalah seorang raja yang terkenal dengan kebijaksanaannya. Pada satu hari, sang raja bermaksud untuk mencari obat anti stress dan depresi, lalu dipanggilnyalah Orang2 Bijak yang ada di negeri itu untuk mencari upaya penyembuhan akan stress dan depresi. Lalu setelah mereka merenung, berdoa dan mencari dengan maksimal, sampailah pada satu usul agar Raja membuat sebuah cincin yang dapat digunakan setiap saat, dan setiap kali Raja merasa tertekan dan depresi, maka segeralah melihat apa yang tertulis dicincin itu, maka setelah itu hati Raja akan kembali tenang dan bergembira. Lalu Raja minta pada tukang emasnya yang sudah tua untuk membuat cincin yang indah dan menuliskan sesuatu di dalam cincinnya.
Berbulan-bulan si tukang emas yang tua itu membuat cincinnya, dan menuliskan apa yang penting untuk ditulis di cincin emas yang kecil itu. Akhirnya, si tukang emas itupun menyerahkan cincinnya kepada sang raja. Dan dengan tersenyum, sang raja membaca tulisan kecil di cincin itu. Tertulis disitu "INIPUN AKAN BERLALU" (Bahasa Farsi: Bogzarad Niz Een, Bahasa Ibrani "GZY" atau Gam Zeh Yavoor, Bahasa Turki Bu da gecer, Bahasa Inggris:This Too Will Pass.)

Awalnya sang raja tidak terlalu paham dengan apa yang tertulis di sana. Tapi, suatu ketika, tatkala menghadapi persoalan kerajaan yang pelik, akhirnya ia membaca tulisan di cincin itu dan ia pun menjadi lebih tenang, “Dan inipun akan berlalu!”
Dan tatkala ia sedang bersenang-senang, iapun tak sengaja membaca tulisan di cincin itu, lantas ia menjadi rendah hati kembali.
Betul! Ketika Anda sedang punya masalah besar ataupun kondisi sedang terlalu gembira, ingatlah kalimat itu, "Dan inipun akan berlalu" (These too, will pass).
Kalimat ini, kalau direnungkan dengan bijak akan mengantarkan diri kita pada keseimbangan hidup. Tidak ada satupun yang langgeng. Jadi, ketika Anda mempunyai masalah, tidaklah perlu terlalu bersedih. Tapi tatkala Anda lagi senang, jangan terlalu kelewat senang.
Ingatlah....apapun yang Anda hadapi saat ini, semuanya akan berlalu. Seperti apa yang dikatakanNya,"Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu akan tetap kekal selamanya"
God bless you

KETERANGAN TAMBAHAN
Diambil dari WIKIPEDIA edisi Bahasa Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Ini_pun_akan_berlalu
Ungkapan itu muncul dalam karya-karya penyair sufi Persia, seperti Sanai dan Attar dari Nisyapur[1]. Attar. mencatat dongeng seorang raja yang meminta sekumpulan orang bijak untuk membuat cincin yang akan membuatnya bahagia saat ia sedih, dan sebaliknya. Setelah musyawarah para orang bijak memberinya cincin sederhana dengan kata-kata "Ini pun akan berlalu" terukir di atasnya. Cincin ini memiliki efek yang diinginkan oleh sang Raja[1].
Cerita rakyat Yahudi sering melakonkan Salomo sebagai raja yang direndahkan hatinya oleh pepatah ini, atau sebagai seseorang yang memberikan pepatah ini kepada orang lain. Banyak versi cerita rakyat yang telah dicatat oleh Arsip Cerita Rakyat di University of Haifa, Israel [2]. Dalam beberapa versi pepatah ini disederhanakan lebih jauh, hanya muncul sebagai huruf Ibrani gimel, zayin, dan yud, singkatan dari "גם זה יעבור" (yaavor gam zeh).
Dalam cerita rakyat Turki, ungkapan ini biasanya digunakan dalam cerita pendek dan lagu. Penggunaan ungkapan dalam bahasa Turki sehari-hari diperkirakan telah berakar pada lagu-lagu dan cerita.
Cerita ini, yang umumnya melekat pada seorang Raja "tanpa nama" dari timur, menjadi populer di Barat pada paruh pertama abad 19, muncul di koran Amerika oleh setidaknya 1839[3] Pada tahun 1852 penyair Inggris Edward Fitzgerald mamasukan versi singkat dari dongeng ini di kumpulan nya Polonius: Kumpulan Kisah Bijak dan Modern Contoh. Versi Fitzgerald, berjudul "Seal Salomo", menggambarkan seorang sultan meminta Raja Salomo kalimat yang akan selalu benar dalam waktu baik atau buruk; Salomo menjawab, "Ini pun akan berlalu" Pada tanggal 30 September 1859, Abraham Lincoln menggunakan kisah serupa dalam "Pidato Pada Masyarakat Pertanian Negeri Wisconsin, Milwaukee, Wisconsin", sehingga lebih memopulerkan pepetah ini lebih lanjut:
Dikatakan seorang raja Timur meminta orang-orang bijak untuk menemukan kalimat untuknya, yang akan selalu dalam pandangannya, dan yang harus benar dan tepat di setiap waktu dan situasi. Mereka memberikannya kepadanya kata-kata: "Dan ini pun, akan berlalu." Betapa hebat kalimat ini! Menyadarkan kita di puncak kebanggaan! Dan sangat menghibur di kala menderita (Sept 30, 1859)
Lebih Lanjut
Keyes, Ralph (2006). The quote Verifier: Who Said What, Where, and When. Macmillan. ISBN 0312340044. Diakses pada 3 Maret 2010.
Taylor, Archer (1968). "This Too Will Pass (Jason 910Q)". In Harkort, F.; Peeters, K. C.; and Wildhaber, R.; eds. Volksüberlieferung: Festschrift für Kurt Ranke, pp. 345-350. Göttingen, Schwartz.