SLIDE1

SIAPAKAH DI BELAKANG ANDA?




Dapatkah saudara membayangkan APA JADINYA PAULUS TANPA BARNABAS. Dapatkah dia menjadi seperti apa yang dia capai saat itu tanpa kesabaran dan ketekunan Barnabas. Sudah pasti jawabannya ....”belum tentu..”
Ada seorang ahli sejarah yang bernama Bruce Shelley, dia mengatakan bahwa tanpa adanya orang yang menjadi MENTOR dan MAU MEMURIDKAN seseorang maka tidak akan lahir tokoh-tokoh yang besar pengaruhnya pada dunia pelayanan.
Adanya MENTOR bukanlah satu pilihan, bagi mereka yang ingin menjadi seorang PEMIMPIN SEJATI, tapi ini merupakan keharusan. Sejarah menuliskan dibelakang setiap para pemimpin besar ini berdiri seseorang yg melalui hidupnya, mengajar, memberi instruksi & menjadi teladan bagi mereka, seperti,
• Dibelakang Martin Luther ada seseorang yang bernama Johann Von Staupitz, seorang profesor dari Universitas Wittenberg. Pada waktu Luther menjadi pendeta, Staupitz-lah yang menjadi pembimbing rohani sekaligus pemimpinnya didalam pelayanan itu. Ujarnya, “Kalau bukan karena Staupitz, saya sudah terdampar di neraka. Staupitz mengajar Luther mengenai kasih karunia Allah dan mendorong Luther untuk sekolah Alkitab.
• Dibelakang John Calvin ada seseorang bernama William Farel, yang mendorong Calvin untuk berani dan hidup sungguh-sungguh untuk Tuhan. Pada waktu Calvin sakit keras, Farel yang juga sedang sakit pergi mengunjungi Calvin untuk memberi semangat agar jangan menyerah dalam kelemahannya.
• Dibelakang John Wesley ada seseorang yang bernama Peter Boehler, dari pelayanan Moravian, yang dengan sepenuh hati membimbing Wesley pada bidang-bidang yang merupakan kelemahannya. Melalui pelayanan di pertemuan tengah minggu yang diadakan oleh Boehler, hati Wesley dikobarkan kembali.
• Dibelakang William Carey ada Andrew Fuller yang adalah mentor, pendukung, juga orang yang senantiasa memberi dorongan, keduanya dibakar oleh kebenaran akan firman Tuhan yang membawa mereka pada pelayanan yang dahsyat. Termotivasi oleh semangat penginjilan Fuller, mendorong Carey untuk melayani mereka yang tinggal ditempat-tempat yang terpencil, jauh dari tempat mereka tinggal. Hal ini akhirnya yang membawa William Carey ke India.
Pertanyaan saya adalah “Siapakah yang berdiri dibelakang saudara?”.
Dibelakang Martin Luther ada Johann Von Staupitz.
Dibelakang John Calvin ada William Farel.
Dibelakang John Wesley ada Peter Boehler.
Dibelakang William Carey ada Andrew Fuller.
Dibelakang Paulus ada Barnabas.
Sekali lagi saya ingin bertanya, “ Siapa yang berdiri dibelakang anda, yang akan membimbing, mendoakan, menghibur, mendorong saudara juga menegur dan mengoreksi saudara pada waktu saudara salah”
Roh Kudus dapat bekerja dengan dahsyat dalam kehidupan Paulus, tetapi Tuhan tetap mengutus Barnabas untuk menjadi MENTOR bagi Paulus.
Dan mentor tidak harus hanya satu orang, bisa beberapa pada saat yang sama, sesuai dengan yang kita butuhkan, dan menariknya para mentor tidaklah harus lebih tua dari kita, tapi yang pasti dia harus lebih menguasai bidang yang kita mau belajar dari dia.....Good Luck and God bless you